Hati-Hati Jasa Borongan Tukang Buat Septic Tank, Sepiteng

Mulai-mulai ini saya berencana menulis kisah pada prediksi yang terjadi pada rencana jalaan yang saya lalui.

pada judul yang saya sampaikan pengertian pembuatan septictank adalah penampungan kamar mandi / toliet untuk orang buang air besar yang di tampung di satu sisi penampungan yang berada di sisi bawah tanah dan di sebut sebagai septic tank/ sepiteng.

saya memiliki peranan sebagai pembeli rumah subsidi di wilayah cibarusah, akan tetapi sangat awam pada dasar nya untuk tahap-tahap perapihan rumah, maklum saja saya sebagai orang yang baru bisa lulus interview dan data bagus untuk mendapatkan rumah subsidi dengan angsuran ringan. jelas saja saya senang karena dengan mengansur bisa menjadi hak pribadi.

setelah saya infokan tentang barunya saya atau awamnya saya, dengan pengambilan rumah subsidi yang berada di cibarusah secara minim belum mendapatkan air galian/mata air tanah untuk bisa saya pergunakkan dalam keseharian nya. dan juga devloper subsidi hanya menyediakan tangki septictank yang berukuran kecil kemungkinan cepat penuh dan berbau sangatlah cepat karena ukuran kecil tidak sesuai standar kedalaman dan kelebaran septictank.

pada point2 tersebut terdapat 2 poin yg harus saya lewati dalam pentingnya untuk rumah bisa di tinggali/di tempati..

point pertama saya berinisiatif memulai pengeboran mata air tanah yang mana mendapatkan refrensi dengan harga murah untuk kedalaman 21m mendapatkan mata air bersih serta meain semi jetpum yang tersedia dalalm paketan pada kisaran harga 3.2jt. info dari tetangga relatif murah dan sedang jika benar adanya kedalaman hingga bersih 21m pengeboran mata air tanahnya.

nah point pertama saya sangat bersyukur bisa mendapatkan titik temu yang sesuai dan memuaskan dalam pengeboran sumur/mantek air tanah bersih.

yang ingin saya infokan adalah point ke dua, point ini saya mendapatkan refrensi dari pekerja rumah tangga (wanita) yang memiliki suami sebagai jasa tukang. dengan sedikit saya bilang tahap septictank apakah bisa dengan harga yang sesuai dan bisa terpuaskan pada hasilnya. lalu wanita rumah tangga itu merefrensikan suaminya. dan saya berkata nanti dulu tunggu saya mendapatkan biaya untuk pembuatan septictank/sepitengnya.

akhirnya tiba2 saya kaget.!! malam2 dia kerumah bersama suaminya dan meminta pengajuan pembuatan seprictank dengan harga borongan 3,5jt katanya. tetapi saya bingun sedangkan dana masih ada 1,5jt jadi sisa bisa sekitar 2jt. dengn obrolan yang sama saya melakukan pembicaraan singkat secara pelan saya coba menawar di harga 3jt. dan akhirnya tiba2 dia setuju. nah saya kaget. kenap dia mau setuju begitu saja. namanya jg saya orang awam tentang hal yang seperti ini. dengan adanya dana 1,5 jt dan sisa 1,5 jt lagi saya mau tidak mau pinjam dulu ke tempat kerja senilai 1,5jt untuk penambahan pembuatan sepiteng. lalu dia minta secepatnya karena takut ada kerjaan yang mnyusul dalam beberapa hari ini.

dan saya memerikan informasi kerjakan pak besok pagi. kemungkinan saya cari dananya dlu dan besok pagi saya kasihkan uangnya.

lalu tiba hari esok di paginya. saya berikan uang yang sesuai 3jt untuk septictank. dalam beberapa jam saya berharap hasil sesuai. dan terpusakan. karena saya awan/tidak tau apa2. dalam pekerjaan septictank pada ukuran 1meter lebih dikit kdalamanya. hanya 1 lobang saja. dalam 1 hari itu juga selesai. wah saya kaget, perkiraan saya bisa 2hari ini knp cepat. dan saya tanya. maaf pak untuk septictaank pembuatan sudah jadi, dan apakah bisa di pakai wc /toilet/kamarmandinya. kata pekerja trsebut belum pak untuk harga 3jt hanya gali septictank saja. tidak untuk paralon memasukan kesalam closet jalur kamar mandi.

Setelah saya dengan info seperti itu. saya kecewa. dan sangat kecewa. hingga dengan sabar saya bertanya kira2 berapa biaya lagi untuk jalur paralon dan perapihan agar kamar mandi bisa dipakai.

lalu dia menyebutkan lain-lain dari 3jt hanyagalian saja lalu saya hanya meminta jasa aja bukan boronggan lagi untuk pemasangan jalur Closet ke Septictank/sepiteng, saya kesal karena jasa pekerjan sepiteng yang dikibulin hanya 1 hari pembuatan septictank 1 lobang tanpa dibuatkan jalur dan kamar mandi yang tidak biasa dipakai..

lalu saya siapkan material paralon 3in dan semen,pasir dan ubin kamar mandi dan lain-lain nya serta penambahan harga yang lebih dar angka awal borongan 3jt tadi.. hanya jasa saja setidaknya jika borongan harusnya sudah dengan pengaliran closet ke sepiteng dan material penambahan pipa, semen, pasir ubin dari boronga tersebut, nah harusnya begitu tetapi ini saya lain soal karena terasa di manfatkan / dibodoh-bodohi.

untuk teman-teman mohon hati-hati dalam perapihan jasa borongan. karena ketidak mungkinan bisa banyak hal terjadi. seperti septictank yg saya alami saat ini. harusnya saya dapet info dari RT pembuatan septictank hanya mengeluarkan biaya 2,5jt sudah Bersih dan bisa di gunakan kamar mandi/toiletnya langsung dan rapih.

kejadian ini membuat saya jadi kecewa dan memberikan pelajaran tentang asal-asalan kerja di jasa perukangan saat ini. kemungkinan jasa yang hanya memikirkan biaya bukan kualitas adalah jasa yang buruk dan tidak terpakai pada prinsip saya. jadi hanya sekilas itu saja cerita pembuatan septictank yang saya alami dengan kekecewaan yang besar dan sangat besar.

Post a Comment

Previous Next

premium

نموذج الاتصال